RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah
Menengah Atas (SMA)
Kelas/ Semester : X/ 1
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema/ Topik : Nilai dan Norma dalam Kehidupan Masyarakat
Alokasi Waktu : 1x20
Menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaan.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Memahami dan mendeskripsikan Nilai
dan Norma yang berlaku di
Masyarakat.
|
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca
buku-buku dari referensi diharapkan siswa dapat jenis-jenis nilai sosial dan
norma sosial yang berlaku di masyarakat
2.
Setelah
mendengar penjelasan dari guru diharapkan siswa mampu membedakan jenis-jenis nilai
sosial dan norma sosial
3.
Dengan melalui
tanya jawab diharapkan siswa dapat menggambarkan jenis-jenis nilai dan norma
4.
Melalui diskusi
kelas diharapkan siswa dapat menemukan contoh jenis-jenis nilai dan norma
didalam kehidupan masyarakat
5.
Berdasarkan hasil
diskusi diharapkan siswa dapat menyimpulkan jenis-jenis nilai dan norma sosial
yang berlaku di masyarakat
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Nilai dan Norma yang berlaku di
Masyarakat
E.
METODE
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan :
Coorperative Learning
2.
Metode : Diskusi kelompok, tanya jawab (life
skill) dan penugasan
3.
Strategi : Brainstroming
F.
SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Buku : Buku LKS Sosiologi Kelas X Cahaya
Pustaka
2.
Alat Peraga : Laptop
Kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan nilai dan norma
3.
Media : power point
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Tahap Topik
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Apresepsi
|
·
Guru masuk
kedalam kelas dan memulai dengan berdoa bersama, kemudian mempersiapkan siswa
untuk pembelajaran dengan memperkenalkan diri kepada siswa, mempersiapkan
tentang kebersihan kepada siswa, absensi.
·
Guru
menjelaskan maksud pembelajaran tentang nilai dan norma dan arti pentingnya
dalam kehidupan nyata dalam masyarakat
·
Guru
memberikan motivasi belajar kepada siswa bahwa tidak seharusnya nilai dan
norma di langgar
|
5 Menit
|
Inti
Penutup
|
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Refleksi
. |
·
Guru mempersilahkan siswa untuk menyebutkan
apa saja yang sudah dilakukan hari ini yang berkaitan dengan nilai dan norma.
·
Guru
memberikan apresiasi dan penguatan kepada siswa yang sudah bersedia
berpendapat.
·
Siswa dibagi
menjadi 4 kelompok besar berdasarkan barisan tempay duduk.
·
Setiap
kelompok diberikan tugas untuk membaca buku referensi dan kemudian memberikan
contoh pada masing-masing jenis nilai dan norma.
·
Melalui
diskusi kelas, masing-masing kelompok dipersilahkan untuk mempersentasikan
hasil diskusinya dan di tanggapi oleh kelompok lain.
·
Guru bersama
siswa menyatukan hasil temuan dari masing-masing kelompok dan menyeleksi
jawaban yang tepat.
·
Guru dan
siswa menyimpulkan hasil kelompok.
·
Melakukan
refleksi proses diskusi yang telah dilakukan
·
Melakukan
refleksi pikiran
|
10 Menit
|
H.
PENILAIAN
1. Teknik
Penilaian : Penilaian proses dan hasil
2. Jenis
Tagihan : Tugas kelompok dan Individu
3. Bentuk
Intrumentant : kuis, essay
Keterangan :
Skor
1. Kehadiran 20
%
2. Aktivitas
dalam kelompok
12-15 = sangat baik
3. Tanggung
jawab individu 9-11 = baik
4. Inisiatif
6-8 = cukup
5. Keberanian
pendapat 3-5
= kurang
6. Keberanian
tampil
1-2 = kurang baik
Lembar Penilaian Nilai Akademik
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Catatan
|
|||
Kehadiran
|
Diskusi Kelompok
|
Individu
|
Tes tulis
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
Lembar Pengamatan Nilai Karakter
No
|
Nama
|
Nilai Karakter
|
Skala
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
Jujur
|
|
|
|
|
2
|
|
Disiplin
|
|
|
|
|
3
|
|
Bertanggungjawab
|
|
|
|
|
4
|
|
Peduli
|
|
|
|
|
5
|
|
Santun
|
|
|
|
|
6
|
|
Percaya
diri
|
|
|
|
|
7
|
|
Menghargai
|
|
|
|
|
8
|
|
Rasa ingin
tahu
|
|
|
|
|
9
|
|
Kritis
|
|
|
|
|
10
|
|
Berfikir
logis
|
|
|
|
|
Cirebon, 22 Oktober 2014
Mengetahui,
Dosen Pengampu, Mahasiswi,
Dra, Hj. Suniti, M Pd
SILVI SINTIA
NIP. NIM. 1413143095
NIP. NIM. 1413143095
0 komentar:
Posting Komentar