Wikipedia

Hasil penelusuran

Sabtu, 21 Februari 2015

RPP IPS



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan  : Sekolah Menengah Atas (SMA)
Kelas/ Semester      : X/ 1
Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema/ Topik            : Nilai dan Norma dalam Kehidupan Masyarakat
Alokasi Waktu        : 1x20 Menit
A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.       Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang  ilmu  pengetahuan,  teknologi, seni, budaya  terkait  fenomena  dan kejadian tampak mata.
4.       Mencoba,  mengolah, dan  menyaji dalam  ranah  konkret  (menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator
Memahami dan mendeskripsikan Nilai dan Norma yang berlaku di Masyarakat.
  • Mengkategorikan jenis nilai dan norma sosial
  • Menggambarkan jenis-jenis nilai dan norma dalam realita sosial

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.         Setelah membaca buku-buku dari referensi diharapkan siswa dapat jenis-jenis nilai sosial dan norma sosial yang berlaku di masyarakat
2.         Setelah mendengar penjelasan dari guru diharapkan siswa mampu membedakan jenis-jenis nilai sosial dan norma sosial
3.         Dengan melalui tanya jawab diharapkan siswa dapat menggambarkan jenis-jenis nilai dan norma
4.         Melalui diskusi kelas diharapkan siswa dapat menemukan contoh jenis-jenis nilai dan norma didalam kehidupan masyarakat
5.         Berdasarkan hasil diskusi diharapkan siswa dapat menyimpulkan jenis-jenis nilai dan norma sosial yang berlaku di masyarakat

D.    MATERI PEMBELAJARAN
Nilai dan Norma yang berlaku di Masyarakat
E.     METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan : Coorperative Learning
2.      Metode       : Diskusi kelompok, tanya jawab (life skill) dan penugasan
3.      Strategi       : Brainstroming

F.     SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Buku           : Buku LKS Sosiologi Kelas X Cahaya Pustaka
2.      Alat Peraga : Laptop Kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan nilai dan norma
3.      Media         : power point









G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Tahap Topik
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan














Apresepsi












·         Guru masuk kedalam kelas dan memulai dengan berdoa bersama, kemudian mempersiapkan siswa untuk pembelajaran dengan memperkenalkan diri kepada siswa, mempersiapkan tentang kebersihan kepada siswa, absensi.
·         Guru menjelaskan maksud pembelajaran tentang nilai dan norma dan arti pentingnya dalam kehidupan nyata dalam masyarakat
·         Guru memberikan motivasi belajar kepada siswa bahwa tidak seharusnya nilai dan norma di langgar
5 Menit

Inti





























Penutup













Eksplorasi








Elaborasi














Konfirmasi





Refleksi









.

·          Guru mempersilahkan siswa untuk menyebutkan apa saja yang sudah dilakukan hari ini yang berkaitan dengan nilai dan norma.
·         Guru memberikan apresiasi dan penguatan kepada siswa yang sudah bersedia berpendapat.
·         Siswa dibagi menjadi 4 kelompok besar berdasarkan barisan tempay duduk.
·         Setiap kelompok diberikan tugas untuk membaca buku referensi dan kemudian memberikan contoh pada masing-masing jenis nilai dan norma.
·         Melalui diskusi kelas, masing-masing kelompok dipersilahkan untuk mempersentasikan hasil diskusinya dan di tanggapi oleh kelompok lain.
·         Guru bersama siswa menyatukan hasil temuan dari masing-masing kelompok dan menyeleksi jawaban yang tepat.

·         Guru dan siswa menyimpulkan hasil kelompok.

·         Melakukan refleksi proses diskusi yang telah dilakukan

·         Melakukan refleksi pikiran


10 Menit



H.    PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian : Penilaian proses dan hasil
2.      Jenis Tagihan : Tugas kelompok dan Individu
3.      Bentuk Intrumentant : kuis, essay
Keterangan :                                                                   Skor
1.      Kehadiran                                                           20 %
2.      Aktivitas dalam kelompok                                 12-15 = sangat baik
3.      Tanggung jawab individu                                   9-11 = baik
4.      Inisiatif                                                                6-8 = cukup
5.      Keberanian pendapat                                           3-5 = kurang
6.      Keberanian tampil                                               1-2 = kurang baik

Lembar Penilaian Nilai Akademik

No
Nama
Aspek Penilaian
Catatan
Kehadiran
Diskusi Kelompok
Individu
Tes tulis
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10













Lembar Pengamatan Nilai Karakter
No
Nama
Nilai Karakter
Skala
1
2
3
4
1

Jujur




2

Disiplin




3

Bertanggungjawab




4

Peduli




5

Santun




6

Percaya diri




7

Menghargai




8

Rasa ingin tahu




9

Kritis




10

Berfikir logis








Cirebon,   22 Oktober 2014
Mengetahui,
                     Dosen Pengampu,                                                  Mahasiswi,

Dra, Hj. Suniti, M Pd                                            SILVI SINTIA
      NIP.                                                                    NIM. 1413143095





0 komentar:

Posting Komentar