RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Stuan pendidikan : SMP N 17 Kota Cirebon
Kelas / Semester : VII / 1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema / Topik : Dinamika Interaksi Manusia
Pertemuan Ke : 4 (Empat)
Alokasi Waktu : 1 x 20 Menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghargai
dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar
1. Menghargai karunia Tuhan YME yang
telah menciptakan waktu dengan segala
perubahannya.
2. Menunjukkan perilaku
santun, toleran dan peduli dalam melakukan
interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya.
3. Memahami pengertian
dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4. Mengobservasi dan
menyajikan bentuk-bentuk dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di
lingkungan masyarakat sekitar
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan
pengertian manusia sebagai makhluk sosial dalam kehidupan sehari-hari.
2. Memahami kebudayaan memperkokoh integrasi bangsa.
3. Menggali
informasi tentang bentuk-bentuk
dinamika interaksi manusia (hasil
upaya) pada masa pra aksara.
4. Menjelaskan dinamika interaksi manusia dalam pemecahan masalah
pokok ekonomi.
5.
Memberikan
contoh dinamika interaksi manusia terhadap lingkungan sekitar.
6. Mengidentifikasi permasalahan manusia hubungannya dengan interaksi
sosial.
7.
Mengidentifikasi
permasalahan manusia hubungannya dengan sosial budaya.
8.
Menganalisis permasalahan pokok ekonomi yang dialami
manusia sebagai makhluk sosial dalam kehidupan sehari-hari.
9. Mengevaluasi permasalahan manusia hubungannya dengan lingkungan
sekitar;
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat :
1. Mengidentifikasikan
bentuk keragaman budaya Indonesia sebagai hasil dinamika interaksi manusia.
2. Mendeskripsikan
keragaman budaya sebagai salah satu sarana untuk memperkokoh integrasi bangsa
3. Menunjukan
perilaku jujur, bertanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, peduli
menghargai, dan percaya diri.
E.
Materi
Pembelajaran
1. Mengidentifikasi keragaman suku bangsa dan bahasa daerah di
Indonesia .
2. Mengidentifikasi
keragaman budaya di Indonesia
3. Mengidentifikasi
keragaman agama di Indonesia.
F.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan
Saintific.
2. Metode
Diskusi dengan teknik PAIKEM.
3. Meode
ceramah
G.
Media
Pembelajaran
Media pembelajaran berbasis Audio Visual.
H.
Sumber
Pembelajaran
1. LKS
2. Buku
diktat
3. Soal
– soal latihan
4. Dan sumber lainnya
I.
Langkah
– langkah Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
Pertemuan ke-4
(1 x 20 menit)
a.
Persiapan psikis dan fisik dengan membuka
pembelajaran dengan mengucapkan salam doa bersama, dan membacakan ayat yang berkaitan dengan tema pembelajaran (menghayati
ajaran agama).
b.
Menarik perhatian siswa dengan video motivasi.
c.
Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai selama pembelajaran (rasa ingin tahu)
d.
Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang
akan disampaikan selama pembelajaran.
e.
Memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses
pembelajaran dengan menyanyikan lagu Ampar – ampar Pisang (membangun nilai
kerbesamaan) dilanjutkan dengan tanya jawab mengenai hubungan lagu tersebut
dengan materi yang akan diajarkan.
|
5 menit
|
Inti
|
a.
Membagi siswa menjadi 3 kelompok.
b.
Pelaksanaan PAIKEM
1.
Kelompok 1 menganalisis tentang keragaman daerah
Sumatera dan membuat rumah adat sederhana dengan menggunakan clay.Kelompok 2
menganalisis tentang keragaman daerah Jawa dan membuat senjata tradisional
jawa menggunakan clay..
2.
Pelaksanaan diskusi kelompok (siswa berdialog
secara mendalam untuk saling membantu memahami materi pembelajaran dengan
anggota kelompoknya kemudian mencatat hasil diskusinya).
3.
Pelaksanaan presentasi (setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas)
4.
Pelaksanaaan konfirmasi dilakukan dengan
memberikan umpan balik berdasarkan hasil presentasi.
5.
Quiz
|
10 menit
|
Penutup
|
a.
membuat kesimpulan tentang materi pembelajaran
hari itu dilakukan secara bersama guru dan siswa.
b.
Memberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah
(PR).
c.
Menutup pelajaran dengan bernyanyi bersama dan di
akhiri berdoa bersama.
|
5 menit
|
J.
Penilaian
Hasil Belajar
1. Teknik
Penilaian
Teknik
|
Bentuk
|
Pengamatan Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes Lisan
|
Tanya Jawab
|
Tes Uji petik
|
Tes Unjuk Kerja
|
Penilaian Performance
|
Rubrik Penilaian Performance
|
Penilaian Produk
|
Laporan Hasil Observasi dan Rubrik
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
2. Bentuk
Instrumen : penilaian proses dan instrumen penilaian
a. Lembar
pengamatan sikap
No
|
Nama Peserta
Didik
|
J
|
D
|
B
|
P
|
S
|
PD
|
K
|
BL
|
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
....
|
Keterangan
:
J
:Jujur
D :Disiplin
B :Bertanggung Jawab
P :Peduli
S :Santun
PD :Percaya diri
K :Kritis
K :Kritis
BL :Berfikir Logis
b. Rubrik
penilaian sikap
Rubrik
|
Skor
|
Sama sekali tidak menunjukan usaha
sungguh – sungguh dalam melakukan kegiatan
|
1
|
Menunjukan sudah ada usaha sungguh –
sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum konsisten.
|
2
|
Menunjukan adanya usaha sungguh –
sungguh dalam melakukan kegiatan yang cuku sering dan mulai konsisten.
|
3
|
Menunjukan adanya usaha sungguh –
sungguh dalam melakukan kegiatan secara terus – menerus dan konsisten.
|
4
|
c. Instrumen
tes tertulis (uraian)
No.
|
Butir Soal
|
Bobot Nilai
|
1.
2.
3.
|
Terdapat keanekaragamaan sosial dan
budaya apa saja yang ada di daerahmu ?
Bagaiman sikap mu atas perbedaan dan
berbagai macam keragaman sosial dan budaya di lingkungan sekitar rumah mu ?
Sebutkan salah satu upaya mu untuk
melestarikan keragaman sosial dan budaya di daerah mu ?
|
3. Pedoman
Penilaian
a. Lembar
Observasi Diskusi
No
|
Nama
|
Aspek penilaian
|
Rata-rata
|
|||
Kelayakan isi
|
Kelayakan penyajian
|
Bahasa
|
Kreatifitas
|
|||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
b. Lembar
Penilaian Presentasi (Performance) Diskusi
No
|
Aspek penilaian
|
Nilai diperoleh
|
Bobot
|
Nilai X bobot
|
Catatan
|
1
|
Kebermaknaan Informasi
|
||||
2
|
Pemahaman Terhadap Materi
|
||||
3
|
Kemampuan berargumentasi (alasa, usulan, mempertahankan pendapat)
|
||||
4
|
Kemampuan memberikan respon (memberikan respon yang sesuai dengan
permasalahan pendapat)
|
||||
5
|
Kerjasama kelompok (berpartisipasi memiliki tanggung jawab bersama)
|
||||
Jumlah nilai
|
100 %
|
Cirebon,
22 Oktober 2014
Mengetahui
Kepala
Sekolah
_________________
NIP.
|
Guru
Mata Pelajaran IPS
Nyai Ika Purmanah
NIP. 1413143091
|
0 komentar:
Posting Komentar